Oknum Kopassus tak Terlibat

MK Tolak Sengketa Keerom

Oknum Kopassus tak Terlibat
Oknum Kopassus tak Terlibat
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak sengketa Pemilukada Kabupaten Keerom, Papua, yang diajukan pasangan Celcius Watae-Marsudi. Hal tersebut terungkap pada sidang dengan agenda pembacaan putusan di gedung MK, Kamis (14/10). “Mahkamah menyatakan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya,” kata hakim ketua, Mahfud MD.

Dalil-dalil yang diajukan oleh pihak pemohon, antara lain adanya dugaan politik uang, rekayasa suara hingga kabar oknum Kopassus terlibat untuk memengaruhi warga masyarakat.

Terkait dugaan rekayasa suara dengan adanya pembongkaran kotak suara, menurut hakim M Alim, tidak terbukti karena hal tersebut dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan sarana yang akan digunakan.

Sementara itu, terkait dalil dugaan oknum Kopassus yang ikut mempengaruhi masyarakat, majelis berpendapat bahwa hal itu hanya asumsi. MK berpendapat dalil tersebut tak beralasan hukum. Dalam bantahannya, pihak KPU Keerom yang dikutip majelis menyebut bahwa di beberapa Distrik yang berbatasan dengan Papua Nugini memang termasuk rawan. Daerah tersebut kerap menjadi wilayah operasi gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM).

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak sengketa Pemilukada Kabupaten Keerom, Papua, yang diajukan pasangan Celcius Watae-Marsudi. Hal tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News