Ombudsman India Belajar ke KPK

Ombudsman India Belajar ke KPK
Ombudsman India Belajar ke KPK

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh dan istrinya Gursharan Kaur di  Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10).

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY dan PM Manmohan Sing menyaksikan penandatanganan empat perjanjian kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah India, yaitu MoU mengenai kerja sama di bidang kesehatan, kerja sama dalam pemberantasan korupsi, kerja sama dalam pemberantasan perdagangan gelap narkoba, serta kerja sama dalam penanggulangan bencana alam.

Untuk penandatanganan kerjasama pemberantasan korupsi Indonesia diwakilkan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa hubungan India dan Indonesia berada dalam keadaan kuat, baik, dan terus berkembang. Kami memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk terus meningkatkannya lagi di masa yang akan datang,” kata Presiden SBY dalam jumpa pers bersama PM Manmohan Singh. Tidak ada penjelasan detail terkait kerjasama itu.

Menurut Presiden, dalam pertemuan dengan PM Manmohan Singh itu telah dibahas banyak hal, baik yang berkaitan dengan agenda bilateral, regional, dan multilateral.

Kedua kepala pemerintahan menyadari, bahwa baik India maupun Indonesia memiliki potensi besar dan peluang yang tidak sedikit untuk terus berkembang di waktu yang akan datang. Salah satu di antaranya adalah potensi ekonomi masing-masing negara termasuk domestic market yang akan makin menguat di waktu yang akan datang.

“Kita juga sepakat untuk meningkatkan dan berbagi pengalaman dalam mengatasi bencana alam yang sering terjadi di India maupun di Indonesia. Kita juga sepakat untuk meningkatkan lagi kerja sama di bidang antariksa termasuk peluncuran satelit,” papar SBY.

Sementara itu, PM India Mahmohan Sing mengatakan hubungan bilateral Indonesia dan India memiliki banyak peluang dan berkembang dengan sangat cepat.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News