Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir Digelar di Pulau Marsela

Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir Digelar di Pulau Marsela
Kegiatan Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir III berupa kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan di Desa Latalola Besar, Kecamatan Pulau Marsela, Kabupaten Maluku Barat Daya, Senin (4/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, MALUKU BARAT DAYA - TNI AL melaksanakan kegiatan Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir III berupa kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan di Desa Latalola Besar, Kecamatan Pulau Marsela, Kabupaten Maluku Barat Daya, Senin (4/9).

Dalam kegiatan ini, Asisten Pembinaan Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, didampingi Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Laksamana Pertama TNI I Ketut Suarya, memimpin langsung kegiatan yang berlangsung di salah satu pulau terluar tersebut.

Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir Digelar di Pulau Marsela

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dalam sambutan tertulis mengatakan melalui operasi bakti yang telah diselenggarakan sejak Juli 2017 ini, diharapkan dapat membantu pemerintah setempat dalam melaksanakan percepatan pembangunan, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisirnya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan semangat kebangsaan, bela negara dan cinta Tanah Air.

Sasaran fisik berupa perbaikan maupun pembangunan sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada kegiatan Bedah Desa Pesisir III 2017 ini. Yakni renovasi Gereja Rehoboth, Renovasi Sekolah SD, SMP, SMA, Puskesmas, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), pembangunan sumur/tandon air, pembangunan dan penandatanganan monumen/prasasti "Indonesia Satu" serta penyerahan cinderamata.

Disamping itu, TNI AL juga melaksanakan pelayanan kesehatan, tercatat dalam operasi Bakti ini, sebanyak 600 warga telah menerima pelayanan pengobatan umum, pengobatan obgyn kepada 11 orang pasien, pengobatan mata 100 orang pasien serta pengobatan gigi kepada 25 orang pasien.

Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir Digelar di Pulau Marsela

Selain itu juga telah dilaksanan penyerahan bahan kontak/sembako dari Yayasan Peduli Amal Peduli Kasih (YPAPK), SCTV, Bank Mandiri, PT Sinarmas l dan Yayasan Arta Graha Peduli kepada masyarakat wilayah setempat.

Operasi Bakti Pembinaan Desa Pesisir III 2017 merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Dispotmar. Tujuannya adalah untuk mensukseskan program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah pesisir dengan meningkatkan kesehatan masyarakat, pembinaan generasi muda serta keperdulian terhadap lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan Bindesir III diantaranya Pangdam XVI/Patimura, Danlantamal IX Ambon, Kadispenal, Kadispsial, Kasubdismatla Diskesal, para pejabat Lantamal IX Ambon, Danlanal Saumlaki, Karumkit Samuel J Moeda Lantamal VII, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Bupati Maluku Tenggara Barat, Sekda Maluku Barat Daya (MBD), Dir Polair Polda Maluku dan Ketua Cabang 3 Korcab IX DJAT.(adv/jpnn)



Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News