Operasi Plastik Bikin Cantik Tapi tak Menarik

Operasi Plastik Bikin Cantik Tapi tak Menarik
Operasi Plastik Bikin Cantik Tapi tak Menarik

jpnn.com - BANYAK wanita atau bahkan pria yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan operasi plastik demi mendapatkan penampilan yang menawan. Tetapi, apakah benar dengan operasi plastik penampilan seseorang akan terlihat lebih menarik? Jawabannya: tidak.

Studi terbaru menemukan bahwa operasi plastik memang bisa membuat anda tampak beberapa tahun lebih muda, tapi tidak lebih menarik. Studi ini melibatkan 37 wanita dan 12 pria, yang melakukan operasi plastik seperti facelift dan menaikkan kelopak mata.

Mereka mengaku bahwa dengan operasi plastik akan membuat mereka merasa tiga tahun lebih muda, tapi tidak berpengaruh pada daya tarik yang mereka rasakan. Studi ini sudah dipublikasikan di journal JAMA Facial Plastic Surgery.

"Dorongan untuk terlihat awet muda dan daya tarik, menjadi faktor pendorong utama yang membuat pasien rela melakukan operasi plastik. Tapi dari penelitian ini, terlepas dari usia, tampaknya tingkat daya tariknya akan tetap sama," kata para peneliti, seperti yang dilansir laman ABC News, Senin (5/8).

Selanjutnya, dalam studi tersebut, 50 pria dan wanita diminta untuk menebak usia pasien dan menilai daya tarik mereka dengan skala nol sampai sepuluh. Rata-rata, mereka akan menilai pasien dengan umur beberapa tahun lebih muda. Tapi, tingkat daya tariknya justru menurun.

Para peneliti berteori bahwa, daya tarik akan dikaitkan dengan usia. Artinya, saat pasien tampak lebih muda pasca operasi, skor daya tarik mereka turun karena langsung dibandingkan dengan orang yang lebih muda.

"Karena daya tarik dianggap sepadan dengan usia, maka dengan operasi wajah, orang merasa usianya akan lebih muda karena tidak terlihat tua, dan itu disertai oleh meningkatnya daya tarik mereka," tulis para peneliti.

Selain itu, orang lain akan merasakan tingkat daya tarik seseorang jika usianya dirasa pas untuk orang tersebut.

BANYAK wanita atau bahkan pria yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan operasi plastik demi mendapatkan penampilan yang menawan. Tetapi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News