Ormas Rawan Disetir Asing

Ormas Rawan Disetir Asing
Kasubdit Ormas Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Ditjen Kesbangpol) Kemendagri, Bahtiar. Foto: ist
JAKARTA - Salah satu resiko kerentanan eksistensi ormas atau LSM lokal di Indonesia adalah ketergantungannya yang sangat tinggi terhadap lembaga donor asing. Dampaknya, ormas ini cenderung mengikuti mainstream kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga donornya.

"Hal tersebut sebagai konsekuensi hubungan antara pemberi dan penerima donor. Untuk jangka panjang kurang baik dan ormas/LSM Indonesia menjadi tidak mandiri," ujar Kasubdit Ormas Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Ditjen Kesbangpol) Kemendagri, Bahtiar, kepada wartawan, Selasa (12/3).

Lebih lanjut dikatakan, jika lembaga donor berhenti berhenti memasok dana bantuan, maka aktivitas ormas yang baik itu serta merta berhenti seketika.

Pada sisi lain, tingkat ketersediaan dana publik dari dalam negeri untuk pembiayaan ormas/LSM masih terbatas. Ditambah lagi masih rendahnya kemampuan ormas/LSM menggalang kepercayaan publik dalam negeri untuk membantu pendanaan ormas.

JAKARTA - Salah satu resiko kerentanan eksistensi ormas atau LSM lokal di Indonesia adalah ketergantungannya yang sangat tinggi terhadap lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News