Otak Bisa Menyabotase Penurunan Berat Badan?

Otak Bisa Menyabotase Penurunan Berat Badan?
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Sel otak bisa membuat Anda kehilangan berat mikroskopis.

Sebuah penelitian mengungkapkan, otak Anda bisa menyabot kebugaran dan penurunan berat badan, seperti mengisi kepala dengan keraguan, membunuh motivasi atau memberi tahu Anda tidak apa-apa untuk mengonsumsi semua pringles di kaleng.

Hal tersebut akan mengakibatkan Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, namun tubuh Anda hanya membakar sedikit kalori tersebut, seperti termostat, tapi bagaimana hal itu terjadi, masih misteri.

Sebuah studi baru dari Laboratorium Penelitian Metabolik di Universitas Cambridge telah menemukan bagaimana sel otak bisa mencegah Anda menurunkan berat badan pada tingkat mikroskopis.

Periset menguji bagaimana beberapa neuron di daerah hipotalamus otak tikus memengaruhi nafsu makan dengan menggunakan teknik manipulasi genetik, yang memungkinkan mereka mengubah dan mematikannya dengan cepat dan sering.

Para peneliti ini kemudian melacak pengeluaran energi tikus dan menemukan bahwa neuron ini penting untuk menyesuaikan termostat kalori yang menjadi pusat pengaturan berat badan.

"Jika makanan tersedia, maka neuron-neuron ini akan membuat kita makan dan jika makanan tidak ada, maka mereka akan mengubah tubuh menjadi mode hemat dan menghentikan kita dari pembakaran lemak," kata peneliti, Clémence Blouet, Ph.D, seperti dilansir laman Mensfitness.

Meskipun mekanisme ini telah berevolusi untuk membantu mengatasi kelaparan, saat ini kebanyakan orang hanya mengalami situasi seperti saat mereka dengan sengaja berdiet untuk menurunkan berat badan.

Sel otak bisa membuat Anda kehilangan berat mikroskopis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News