Otak Serangan Bersenjata ETA Tertangkap

Otak Serangan Bersenjata ETA Tertangkap
Otak Serangan Bersenjata ETA Tertangkap
MADRID - Sukses besar diraih pasukan gabungan Prancis dan Spanyol. Kemarin (17/11) mereka menangkap pimpinan unit komando kelompok separatis yang menuntut kemerdekaan Basque, ETA (Euskadi Ta Askatasuna), Mikel de Garikoitz Aspiazu Rubina alias Txeroki. Dia ditangkap dalam serangan menjelang fajar di kota perbatasan Prancis-Spanyol, Cauterets.

"Penangkapan ini adalah pukulan telak bagi ETA. Baik dari sisi organisasi maupun kemampuan. Hari ini ETA menjadi lebih lemah," papar Perdana Menteri (PM) Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero.

Selama bertahun-tahun, pria 35 tahun itu menjadi komandan operasional serangkaian serangan bom ETA. Termasuk beberapa kasus pembunuhan dan penembakan dua anggota Civil Guardia Spanyol di Prancis pada Desember lalu.

Media Spanyol menyebut Txeroki sebagai salah seorang anggota ETA yang paling diburu. Dia merupakan pemberontak garis keras yang menolak kesepakatan gencatan senjata antara ETA dan pemerintah Spanyol pada Maret 2006. Gencatan senjata itu berakhir dengan serangan bom mobil di Bandara Baraja, Madrid, Desember 2006.

MADRID - Sukses besar diraih pasukan gabungan Prancis dan Spanyol. Kemarin (17/11) mereka menangkap pimpinan unit komando kelompok separatis yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News