Kamis, 15 November 2018 – 06:48 WIB

Pajak Impor Naik, Modifikator Diimbau Pakai Aksesori Lokal

Rabu, 12 September 2018 – 19:42 WIB
Pajak Impor Naik, Modifikator Diimbau Pakai Aksesori Lokal - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kenaikan pajak untuk barang-barang impor sangat berdampak kepada pencinta modifikasi. Pasalnya, rata-rata produk yang mereka pakai kebanyakan dari luar sehingga biaya yang harus dikeluarkan semakin besar.

Founder National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) Andre Mulyadi menyarankan untuk segera memakai aksesori dalam negeri. Karena aksesori buatan Indonesia tidak kalah berkualitas dibanding produksi luar negeri.

"Kenaikan pajak sedikit memerngaruhi, jadi salah satu yang kami arahkan sekarang memakai produk lokal. Tapi ada beberapa produk yang memang masih impor karena tidak bisa dibuat di Indonesia, salah satunya turbo," ujar Andre di Jakarta, Rabu (12/9).

Andre mengakui, selama ini pencinta modifikasi kebanyakan memakai barang impor dari luar karena dianggap lebih bagus. Untuk itu, Andre mengarahkan kepada pencinta modifikasi untuk memakai produk lokal.

"Kalau menurut kami produk lokal tidak kalah keren dan itu sudah kami buktikan saat pameran di Jepang," tegas Andre.

Andre terus mendorong mereka untuk memakai barang-barang lokal dan jangan terlalu tergantung pada produk dari luar. Kalau masih bisa produksi sendiri kenapa pakai produk luar.

"Barang-barang yang sifatnya teknis seperti pelek di Indonesia memang kurang oke. Kemudian rem juga sulit di Indonesia. Tapi kaya body kit kalau bisa di Indonesia saja soalnya sudah banyak bengkel yang produksi sendiri," pungkas Andre. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar