Pak Anies, Jangan Sampai jadi Alat Pemburu Rente Kekuasaan

Pak Anies, Jangan Sampai jadi Alat Pemburu Rente Kekuasaan
Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak pihak menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak maju sebagai calon presiden maupun wakil presiden 2019. Anies diminta komitmen dengan janjinya menyelesaikan sengkarut persoalan Jakarta hingga akhir masa jabatannya.

“Pak Anies itu harus menahan diri, jangan terpancing oleh keinginan kelompok-kelompok yang ingin menjadikan dia sebagai tameng atau boneka untuk kepentingan pengusaha, pebisnis, atau kepentingan yang lain. Anies harus sadar itu. Jangan sampai dia diperalat oleh pemburu rente kekuasaan,” kata pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (10/7).

Pangi menyebut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai salah satu pihak yang ingin Anies maju sebagai calon presiden. Tujuannya untuk mengamankan semua kepentingan JK dan kelompok bisnisnya.

JK, kata Pangi, tidak ingin kehilangan pengaruh di Istana, di samping keberlangsungan bisnisnya juga harus jalan.

“Yang kita khawatirkan Anies tidak sadar dia diperalat dengan kepentingan ini,” ujar dia.

Hal lain yang mendasari Anies untuk tidak maju di Pilpres mendatang adalah preseden buruk bila jabatan gubernur DKI Jakarta hanya dijadikan batu loncatan. Seperti juga pernah dilakukan Presiden Jokowi empat tahun silam.

Pangi menyarankan Anies untuk tidak mengulangi peristwa itu dan komitmen menyelesaikan masa jabatannya sebagai gubernur Ibu Kota.

“Energi yang digunakan untuk memilih Anies itu cukup besar. Baik dari biaya pemilunya, pengorbanan masyarakat, terpecah-pecahnya masyarakat. Memilih beliau bukan hal yang sepele. Berat tanggung jawabnya," kata Pangi.

Banyak pihak menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak maju sebagai calon presiden maupun wakil presiden 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News