JPNN.com

Pak Anies, Menegakkan Aturan Jangan Tebang Pilih

Jumat, 23 Agustus 2019 – 19:09 WIB Pak Anies, Menegakkan Aturan Jangan Tebang Pilih - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mempertanyakan sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membiarkan PKL berjualan di trotoar dengan alasan keberpihakan kepada rakyat kecil. Padahal, menurut dia, penegakan hukum tidak boleh pandang bulu.

“Pelanggaran harus diberesin. Kok masyarakat disuruh alih fungsikan trotoat. Trotoar itu untuk pejalan kaki. Trotoar di seluruh dunia itu untuk pejalan kaki. Ngapain dia buat trotoar mahal mahal,” kata Agus, saat dihubungi, Jumat (23/8).

Sebagai pemimpin Pemprov DKI Jakarta, lanjut Agus, Anies seharusnya menyediakan sarana dan prasarana masyarakat. Sehingga penindakan hukum tidak boleh memandang si miskin maupun si kaya.

Dia justru curiga Anies membiarkan pelanggaran kecil PKL karena tidak berani menindak perusahaan-perusahaan besar yang nakal.

“Jangan dibolak balik. Ya kalau salah ditindak aja. Kalau dia fasilitasi yang kecil bisa jadi dia takut sama yang gede. Makanya dia alasan kasih fasilitas buat yang kecil,” tegasnya.

BACA JUGA: Anies Baswedan Dapat Tawaran Kembali ke Kabinet?

Agus mendukung rencana Anies untuk melakukan penindakan terhadap pengguna air tanah di kawasan Sudirman dan Thamrin. Seharusnya penegakan hukum serupa juga diberlakukan dalam setiap aturan yang ada.

“Kalau ada bangunan yang salah jangan malah didiemin. Jangan dibalik balik. Dia sebagai penguasa daerah harus memberikan tindakan merata baik miskin atau kaya,” tutupnya. (dil/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...