Pak Sutopo BNPB Raih The Most Inspirational ASN 2018

Pak Sutopo BNPB Raih The Most Inspirational ASN 2018
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meraih penghargaan The Most Inspirational ASN 2018. Hasilnya diumumkan Dewan Juri Aparatur Sipil Negara 2018 pada acara Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018, di TVRI, Jakarta, Selasa (11/12).

Penghargaan ini diraih setelah melalui seleksi ketat. Selain Sutopo, Akhmad Basori dari BPKP ditetapkan sebagai The Most Innovative ASN 2018, dan Endang Yuli Purwati dari SMAN 4 Bandung sebagai The Most Influential ASN 2018.

The Most Inspirational ASN 2018 menambah daftar penghargaan yang diraih Sutopo selama 2018 ini.  Beberapa penghargaan lainnya adalah Communicator of the Year 2018 dari Kominfo dan ISKI, The First Responders dari The Straits Times, Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dari Kominfo dan ISKI, Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia 2018 dari Mafindo, IAGI Awards Bidang Komunikasi Bencana Alam dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

Kemudian, Outstanding Spokesperson of the Year 2018 dari Jakarta Foreign Correspondents Club, Anugerah Perhumas 2018 Kategori Humas Pemerintah dari Perhumas Indonesia, PNS Inspiratif Terfavorit dari KemenPANRB, 5 Terbaik PNS Inspiratif 2018 dari KemenPANRB, 10 Terbaik PPT Teladan 2018 dari KemenPANRB dan Human Initiative Award 2018 dari PKPU.

“Penghargaan ini adalah hal yang wajib saya syukuri,” kata Sutopo lewat pesan singkatnya, Rabu (12/12).

Menurut Sutopo, pujian ini sekaligus ujian agar lebih meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat dengan lebih baik. Penghargaan ini adalah untuk semua pimpinan dan staf BNPB dan BPBD seluruh Indonesia yang terus mencurahkan pikiran dan tenaga melindungi masyarakat dari bencana. “Saya hanyalah sebagai juru bicara yang menyampaikan informasi kebencanaan kepada masyarakat,” katanya.

Sutopo juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang membantu tugas BNPB dan BPBD dalam menyampaikan berita kepada masyarakat luas. "Penghargaan ini juga untuk rekan-rekan media,” kata Sutopo.

Meski banyaknya penghargaan yang diraih, Sutopo merasa yang bernilai besar baginya adalah bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, 5 Oktober 2018 lalu. Bahkan Presiden Jokowi menuliskan “Tetaplah Menjadi Inspirasi” dalam foto yang ditandatanganinya.

Sutopo Purwo Nugroho mendedikasikan penghargaan ini untuk pimpinan dan staf BNPB dan BPBD seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News