Pakistan-AS Saling Kecam

Pakistan-AS Saling Kecam
Pakistan-AS Saling Kecam
WASHINGTON - Suasana panas kembali ditunjukkan Pakistan dan AS. Setelah Presiden AS Barack Obama mencurigai Pakistan berada di balik perlindungan Osama bin Laden dalam program 60 Minutes di stasiun televisi CBS (9/5), kemarin (10/5) Islamabad gusar.

Dalam pidato di parlemen, Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani menyayangkan tudingan persekongkolan dengan pimpinan Al Qaeda itu dialamatkan ke negerinya. Sebaliknya, pemerintah Pakistan justru tersinggung karena AS mengerahkan pasukan khusus secara diam-diam saat memburu Osama di Abbottabad, Pakistan, 1 Mei lalu.

Intelijen Pakistan, kata dia, tidak bisa menerima pihaknya menjadi sasaran tuduhan AS hanya gara-gara tidak bisa melacak Osama selama lima tahun sebelum ditembak di sekitar markas militer Pakistan. "Kegagalan intelijen itu tidak hanya terjadi pada kita, tapi juga di asosiasi intelijen di seluruh dunia," tegas Gilani sebagaimana dikutip Daily Mail.

Menurut dia, sikap sepihak AS tersebut berisiko mendatangkan konsekuensi serius di internal Pakistan. "Kami berhak membalas dengan kekuatan penuh. Jangan sampai komitmen (tangkap teroris) kami dianggap remeh," ujarnya. Karena itu, Angkatan Udara Pakistan (PAF) mulai menyelidiki pelanggaran sejumlah helikopter siluman yang membawa tim khusus Navy Seals AS ke wilayah udara Pakistan awal Mei lalu.

WASHINGTON - Suasana panas kembali ditunjukkan Pakistan dan AS. Setelah Presiden AS Barack Obama mencurigai Pakistan berada di balik perlindungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News