Palestina Apresiasi Indonesia dalam Penerapan IB pada Ternak

Palestina Apresiasi Indonesia dalam Penerapan IB pada Ternak
Peserta pelatihan yang digelar Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB). Foto: Humas Kementan for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sepuluh orang warga Palestina telah mengikuti pelatihan IB (Inseminasi Buatan) di Indonesia yang diselengarakan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara dan JICA.

Pelatihan dengan judul "Training Course on The Strengthening of Artificial Insemination Management and Conservation of Livestock Genetic Resources For Palestine" dilaksanakan oleh salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), yaitu Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang selama 15 hari, dimulai dari tanggal 13 Desember 2017 dan berakhir hari Rabu tanggal 27 Desember 2017.

Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Taher pada acara Closing Ceremony Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Ditjen PKH (27/12/2017) menyampaikan, atas nama peserta dan Pemerintah Palestina mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan pelatihan IB bagi 10 warga Palestina.

"Kami berharap hasil pelatihan ini dapat diimplementasikan di negara kami dan dapat berkontribusi untuk meningkatkan produksi ternak di negara kami," kata Taher.

Kegiatan pelatihan IB pada ternak yang ditutup secara resmi oleh Dirjen PKH Kementan I Ketut Diarmita, selain dihadiri oleh Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia, juga dihadiri oleh Representative JICA di Indonesia, Kepala Biro KLN Kementan, Sesditjen dan para Direktur lingkup Ditjen PKH, perwakilan Kemensetneg dan Kemenlu, serta beberapa Tenaga Ahli IB dari BBIB Singosari.

Pada kesempatan tersebut, semua peserta menyampaikan ucapan terimakasih dan kesan-kesannya selama mengikuti pelatihan IB di Indonesia.

Mr. Wael W. M Halawa salah satu peserta pelatihan menyampaikan, selama mengikuti pelatihan telah memperoleh transfer knowledge dan teknologi terkait pelaksanaan IB pada ternak.

"Kami juga telah mengunjungi UPT Perbibitan Ditjen PKH, antara lain: Balai Embrio Transfer Cipelang dan BBPTU-HPT Baturraden," ungkapnya.

Dirjen PKH Kementan I Ketut Diarmita mengatakan, Inseminasi Buatan telah berkembang baik di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News