PAN Pertimbangkan Usulan Amien Rais Keluar dari Koalisi

PAN Pertimbangkan Usulan Amien Rais Keluar dari Koalisi
Taufik Kurniawan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan memperhatikan usulan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais agar partainya keluar dari koalisi pendukung pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan menuturkan, Amien merupakan salah satu pendiri partai yang kini dipimpin Zulkifli Hasan itu.

“Keputusan apa pun dari Pak Amien sebagai tokoh nasional, harus diperhatikan. Sekali lagi, selain tokoh pendiri partai beliau juga tokoh reformasi,” kata Taufik usai diskusi press gathering dengan wartawan parlemen di Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/11).

Sebelumnya, Amien menyarankan PAN keluar dari koalisi. Dia tidak menampik pernyataan Wapres JK yang menilai PAN tidak etis karena berbeda dengan pemerintah dalam menyikapi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Perubahan Atas UU nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). “Yang betul Pak JK, sebaiknya PAN keluar,” tegas Amien usai diskusi Setop Reklamasi Teluk Jakarta di gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/11).

Taufik menuturkan, dinamika demokrasi yang terjadi di partai itu merupakan hal yang biasa. Namun, sampai saat ini belum ada pembicaraan di internal soal apakah PAN akan keluar koalisi atau tidak.

“Ya tentunya pasti itu menyangkut dinamisasi demokratis di partai itu hal yang biasa, dalam arti pasti ada semacam pembicaraan internal yang menyangkut Pak Amien dan Pak Zul (Zulkifli Hasan),” katanya. (boy/jpnn)


Keputusan apapun dari Amien Rais harus jadi perhatian PAN.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News