Panen Melimpah, Banten Berpeluang Penuhi Cadangan Pangan

Panen Melimpah, Banten Berpeluang Penuhi Cadangan Pangan
Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi memimpin rakor sergap di Banten. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANTEN - Dalam mengakselerasi penyerapan gabah/beras petani oleh Perum BULOG, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi memimpin rapat koordinasi (rakor) sergap di kantor Sub Divre Lebak, Provinsi Banten, Kamis (5/7).

"Sub Divre ini kan membawahi Lebak dan Pandeglang. Nah, saya dapat laporan dari Dinas Pertanian Provinsi bahwa panen di dua wilayah ini masih tinggi, makanya saya kemari dan benar masih banyak panen dimana-mana," jelas Agung.

Agung menegaskan bahwa potensi panen di Pandeglang dan Lebak di bulan Juli dan Agustus sebesar 91,9 ribu ton dan 94 ribu ton setara beras.

"Dengan potensi tersebut, ini menjadi peluang emas bagi kita semua untuk membantu Bulog dalam percepatan pengadaan beras untuk mengisi cadangan pangan," tambah Agung.

Kepala BULOG Sub divre Lebak, Sajaka juga optimis serapan gabah/beras di wilayahnya bisa terealisasi seperti yang ditargetkan yaitu 22,8 ribu di bulan Juni sampai Agustus.

"Kita akan terus upayakan serapan beras ke petani agar target Sergap di Lebak dan Pandeglang tercapai," ujar Sajaka.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Sinar Malimping, H.Ati Muflihat menyampaikan kesiapannya mendukung percepatan serapan gabah/beras.

"Panen masih banyak di bulan ini, kami sanggup bekerjasama. Sekarang pun saya akan PO ( purchasing order) 100 ton," ujar Ati Muflihat.

Potensi panen di Pandeglang dan Lebak di bulan Juli dan Agustus sebesar 91,9 ribu ton dan 94 ribu ton setara beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News