Panen Padi di Nias Utara Melimpah di Saat Musim Paceklik

Panen Padi di Nias Utara Melimpah di Saat Musim Paceklik
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, NIAS - Panen Padi Kabupaten Nias Utara Melimpah di Saat Musim Paceklik

Di musim paceklik 2017 ini, produksi padi di Kabupaten Nias Utara mampu menyediakan beras untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

Pasokan beras cukup sekaligus harga beras stabil.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Utara Idaman Johan Hulu mengatakan tanam padi September 2017 yang lalu menghasilkan panen pada Desember 2017 seluas 800 hektar dan produktivitasnya 6 ton per hektar

Dia menjelaskan, terjaminnya produksi padi Kabupaten Nias Utara ini disebabkan karena pemerintah pusat dan daerah benar-benar terus menjamin bahkan meningkatkan produksi padi.

Misalnya, untuk mengantisipasi dampak paceklik, pemerintah telah menyalurkan bantuan cukup banyak ke petani, seperti pompa air, traktor dan benih berkualias, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, embung dan lainnya.

“Pendampingan teknologi dan terjun ke lapangan pun masif dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Sumatera Utara untuk memantau perkembangan tanaman. Jadi proses produksi berjalan lancar,” jelas Dr. Khadijah El Ramidja.

Terkait hal ini, petani desa Banua Sibohou, Taluno, mengungkapkan bantuan pemerintah benar-benar membantunya.

Tanam padi September 2017 yang lalu menghasilkan panen pada Desember 2017 seluas 800 hektar dan produktivitasnya 6 ton per hektar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News