Panggil JK-Antasari, Fokus Sebelum Bailout Century

Panggil JK-Antasari, Fokus Sebelum Bailout Century
Panggil JK-Antasari, Fokus Sebelum Bailout Century
JAKARTA -- Anggota Tim Pengawas Century di DPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, pemanggilan Antasari dan Jusuf Kalla oleh timwas akan difokuskan pada penggalian informasi rencana pemerintah mem "Bailout" Bank Indover dan blanket guarantee sebelum Century.

"Mengapa? Karena, sebagaimana diketahui, sebelum agenda membailout Century, ada dua peristiwa yang tidak bisa dipisahkan dari rangkaian peristiwa tersebut. Yakni, usaha menyuntik atau menyelamatkan Bank Indover di Belanda Rp4,7 triliun dan "blanket guarantee" dengan biaya sekitar Rp300an triliun. Namun keduanya gagal," kata Bambang Soesatyo.

Dijelaskan Bambang, penyelamatan Bank Indover gagal karena ditolak DPR. Sedangkan blanket guarantee ditolak wapres Jusuf Kalla. "Jadi, masuk diakal kalau pertemuan di Istana yang dipimpin SBY dalam rangka mempersiapkan Perppu antisipasi krisis itu, JK tidak diundang," katanya.

Sebab, lanjut dia, jika hadir bisa jadi JK akan menolak usul tersebut karena rentan disalahgunakan dengan memanfaatkan situasi krisis ekonomi 2008 untuk tujuan tertentu.

JAKARTA -- Anggota Tim Pengawas Century di DPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, pemanggilan Antasari dan Jusuf Kalla oleh timwas akan difokuskan pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News