Panglima TNI Periksa Kelengkapan Senjata Anak Buah untuk Upacara HUT RI

Panglima TNI Periksa Kelengkapan Senjata Anak Buah untuk Upacara HUT RI
Geladi kotor upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di halaman Istana Merdeka. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 71 menggelar geladi kotor pelaksanaan upacara kenegaraan si halaman Monas dan pelataran Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu, (13/8).

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 07. 00 pagi hingga sore nanti. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo secara langsung hadir untuk mengawasi jalannya geladi kotor tersebut. Dia secara langsung memeriksa kelengkapan pasukan TNI yang akan menjadi peserta upacara dan menggelar atraksi saat HUT RI ke 71.

“Namanya geladi kotor saya berikan koreksi dan arahan pada perwira upacara Ketua Garnisun (arahan), sikapnya, cara masuknya, cara membawa senjata, perlengkapannya semuanya. Ini karena acara kenegaraan harus sempurna,” ujar Gatot di kompleks Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam geladi ini peserta upacara dari TNI-Polri tampak berbaris rapi sesuai satuan masing-masing. Termasukan Paskibraka yang akan membawa bendera sang saka Merah Putih. Jumlah total pasukan Paskibraka ini sebanyak 68 orang. Terdiri dari 34 putra dan 34 putri, yang berasal dari 34 provinsi.

Inspektur upacara Presiden Joko Widodo dilakukan pemeran pengganti dari satuan TNI Angkatan Darat. Dalam geladi kotor ini juga dilakukan latihan formasi pesawat tempur TNI Angkatan Udara. Itu adalah formasi  F16 dan Sukhoi. Ada tujuh pesawat yang melintas di udara dari belakang Gedung Istana Merdeka menuju arah selatan.

“Geladi kotor ini dilakukan dua kali. Besok ada lagi. Makanya saya kasih koreksi sekarang sehingga tidak ada kesalahan di gelada berikutnya,” tegas Gatot. (flo/jpnn)

 


JAKARTA—Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 71 menggelar geladi kotor pelaksanaan upacara kenegaraan si halaman Monas dan pelataran Istana Merdeka,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News