Pansel Didesak Coret Sutadi dan Sayid

Pansel Didesak Coret Sutadi dan Sayid
Pansel Didesak Coret Sutadi dan Sayid
JAKARTA- Koalisi Masyarakat Sipil mendesak panitia seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak meloloskan dua calon pimpinan KPK, yakni Aryanto Sutadi dan Sayid Fadhil pada tahap seleksi selanjutnya. Desakan ini disampaikan Koalisi Masyarakat Sipil di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (16/8).

Aktivis ICW yang juga juru bicara Koalisi Masyarakat Sipil, Donal Fariz mengungkapkan, kedua calon yang diloloskan pansel Pimpinan KPK itu memiliki rekam jejak yang diduga bermasalah. Sutadi, sebut Donal, punya 11 masalah yang harus menjadi pertimbangan Pansel agar tidak meloloskan purnawirawan polisi berpangkat Brigjen itu. Sedangkan Sayid, punya 6 masalah yang juga harus disikapi tegas oleh penyeleksi calon pimpinan KPK.

“Atas persoalan ini kami mendesak, pansel diharamkan meloloskan kandidat-kandidat bermasalah yang berpotensi mematikan KPK dan gerakan pemberantasan korupsi di tanah air,” tegas Donal.

Desakan lain, lanjut Donal, pansel juga harus bersikap professional dan mengutamakan aspek kualitas masing-masing calon, bukan karena unsur titipan. Begitu juga dengan sistem penjatahan yang dianggap selalu menjebak proses seleksi.

JAKARTA- Koalisi Masyarakat Sipil mendesak panitia seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak meloloskan dua calon pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News