Parpol Mulai Jajaki Koalisi, KIB Sudah Solid dan Siap Tempur

Parpol Mulai Jajaki Koalisi, KIB Sudah Solid dan Siap Tempur
Koalisi Indonesia Bersatu yang berisi Golkar, PAN, dan PPP. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti BRIN Wasisto Rahardjo Jati menilai tiga poros yang sudah mulai terlihat saat ini sangat mungkin menggambarkan konstelasi politik pada Pemilu 2024 mendatang.

“Artinya poros-poros ini bisa akan menjadi koalisi permanen hingga 2024 atau berfusi dengan koalisi lainnya yang mapan,” jelas Wasisto, Jumat (24/6).

Meski begitu, Wasisto menilai hanya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah benar-benar solid dan siap bergerak sebagai satu kesatuan.

Sementara dua poros lainnya, masih dalam tahap mencari kesepahaman satu dan lainnya.

“Dari ketiga ini, KIB tentu sudah terlihat kompak dan siap jalan. Sedangkan dua yang lain masih berupaya mencari titik kesepahaman sama,” tegas Wasis.

Mengenai PDIP yang terkesan tidak tertarik membahas koalisi, Wasis menilainya sebagai hal yang wajar.

Sebagai satu-satunya yang bisa mengusung capres tanpa berkoalisi, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tak perlu terburu-buru menentukan sikap.

Menurut dia, PDIP kemungkinan masih memantau dinamika yang berkembang dan baru akan membuat keputusan di menit-menit akhir.

Wasisto menilai hanya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah benar-benar solid dan siap bergerak sebagai satu kesatuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News