Partai Demokrat Tak Mengenal Mahar Politik, Tapi ...

Partai Demokrat Tak Mengenal Mahar Politik, Tapi ...
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto menyatakan, partainya tidak pernah mengenal istilah mahar politik. Menurut Agus, mahar politik selalu berkonotasi selalu negatif.

Agus mengatakan, PD tidak menerapkan mahar kepada calon kepala daerah ataupun kandidat legislator yang akan diusung partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Bahkan, PD selalu bertindak tegas kepada pihak di internal yang meminta mahar.

"Kalau untuk operasionalnya, tergantung dia yang kampanye. Kami serahkan sepenuhnya kepada dia (calon)," kata Agus di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1).

Menurut dia, PD tak melihat kekuatan uang calon yang akan diusung. Sebab, PD justru melihat popularitas, elektabilitas, serta kapasitas  kandidat dan peluangnya memenangi kontestasi pilkada.

Karena itu, ada lembaga konsultan yang melakukan survei elektabilitas kandidat. Namun, surveinya dibiayai bakal calon kada.

"Tapi itu tidak ada sangkut pautnya dengan Partai Demokrat. Itu urusan dia sama konsultannya. Jadi kami tegaskan sekali lagi di PD tidak ada mahar poltik," ungkapnya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto menyatakan, partainya tidak pernah mengenal istilah mahar politik untuk pilkada.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News