Partai Demokrat Tidak Laku di Kalangan Milenial Jatim, Salah Mas Emil?

Partai Demokrat Tidak Laku di Kalangan Milenial Jatim, Salah Mas Emil?
Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Hari Fitrianto. Foto: Dok Pribadi

jpnn.com, SURABAYA - Partai Demokrat mulai kurang diminati kalangan milenial. Berdasarkan survei yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC), PD Jatim yang mempunyai figur Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berada di urutan keempat dengan 4,2 persen. 

Partai Demokrat kalah jauh dari PDIP yang menjadi top of mind partai pilihan milenial Jatim dengan 22,9 persen. Bahkan, partai pemenang Pemilu 2009 itu berada di bawah PKB (9,5 persen) dan Gerindra (5,8 persen). 

Elektabilitaas Demokrat Jatim saat ini juga berada di peringkat empat. Masih di bawah PDIP 6,7 persen, PKB 16,3 persen dan Gerindra 9,5 persen. Survei itu dilakukan dari 5 hingga 25 Maret 2021 yang melibatkan 1.070 responden di 38 kabupaten kota di Jatim. 

Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Hari Fitrianto menilai figur Wakil Gubernur Emil Dardak kurang terasosiasi dengan partainya.

Menurut dia masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa suami Arumi Bachsin itu adalah pentolan Demokrat Jatim. 

"Mas Emil ini jarang banget menggunakan jaket Demokrat-nya ketika dia berada di ruang-ruang publik," ujarnya, Rabu (14/4). 

Hari menilai mantan bupati Trenggalek itu masih menjaga posisinya sebagai wakil gubernur daripada sebagai Plt Ketua PD Jatim.

Padahal, jika keduanya ditonjolkan akan membantu elektabilitas partai, terutama bagi kalangan milenial

Menurut hasil survei SSC, Partai Demokrat mulai kurang diminati kalangan milenial Jawa Timur (Jatim)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News