Pasangan Calon Harus Pelangi

Pasangan Calon Harus Pelangi
Pasangan Calon Harus Pelangi
JAKARTA - Para kandidat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di daerah yang masyarakatnya heterogen harus berpikir jangka panjang untuk menentukan pasangan yang akan diajak duet. Pasangan harus mewakili heteregonitas yang ada, terutama menyangkut agama.

Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto mengatakan, komposisi pasangan yang pelangi akan sangat membantu kestabilan roda pemerintahan tatkala pasangan tersebut nantinya berkuasa. Jika tidak pelangi, maka kelompok masyarakat yang tidak terwakili dalam komposisi pasangan, bisa merecoki pemerintahan dibawah kendali pasangan itu.

"Pemilukada sebetulnya bisa menjadi sarana mengakomodir perbedaan-perbedaan. Pasangan harus merepresentasikan muslim-non muslim atau sebaliknya, sehingga nantinya tercipta keharmonisan," ujar Didik saat diskusi di Jakarta, kemarin (1/2).

Memang, kata mantan wartawan ini, heteregonitas  tidak hanya dari aspek agamanya saja, tapi juga etnis dan kedaerahan. Namun menurutnya, aspek agama paling sensitif. Masalah komposisi pelangi ini tidak perlu disembunyikan, daripada diam-diam menjadi pemicu masalah di kemudian hari.

JAKARTA - Para kandidat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di daerah yang masyarakatnya heterogen harus berpikir jangka panjang untuk menentukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News