Pasar Obligasi Segera Pulih

Kepemilikan Asing Kembali Meningkat

Pasar Obligasi Segera Pulih
Pasar Obligasi Segera Pulih
JAKARTA - Pasar obligasi diproyeksi kembali bergairah pada akhir semester kedua tahun ini. Selain dukungan sentimen eksternal mengenai kelanjutan stimulus moneter AS, terdapat sinyal perbaikan angka inflasi dari dalam negeri. Sentimen positif itu diperkirakan mampu menurunkan yield atau imbal hasil dan kembali mengangkat harga surat utang.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menyatakan, inflasi tinggi karena kenaikan harga BBM biasanya hanya berlangsung dua kuartal. ''Jadi, ada peluang yield mulai turun dan harga obligasi pada kuartal keempat tahun ini mulai membaik,'' ungkap Destry.

Dia memperkirakan, inflasi pada akhir tahun ini menyentuh angka 8-8,2 persen. Sementara itu, pada 2014, inflasi diproyeksi turun di level 4-5 persen.

Dalam kondisi ekonomi domestik yang berangsur pulih itu, investor diyakini bakal kembali mengakumulasi surat utang negara. Investor asing juga masih berkontribusi signifikan dalam kepemilikan obligasi negara.

JAKARTA - Pasar obligasi diproyeksi kembali bergairah pada akhir semester kedua tahun ini. Selain dukungan sentimen eksternal mengenai kelanjutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News