Pasokan Cabai Tak Terpengaruh Letusan Kelud

Pasokan Cabai Tak Terpengaruh Letusan Kelud
Pasokan Cabai Tak Terpengaruh Letusan Kelud

jpnn.com - JAKARTA - Erupsi Gunung Kelud yang berada di tiga wilayah kabupaten di Jatim membuat pasokan cabai terganggu. Sebab, Jawa Timur adalah salah sentra penghasil cabai terbesar.   

Meski begitu, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi pasokan cabai masih bisa dipasok dari beberapa daerah lainnya.

"Masih bisa dipasok dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan untuk wilayah timur berasal dari Sulawesi Utara," kata Bayu.

Bayu melanjutkan, di Jabar, khususnya Cianjur, produk hortikultura cabai sudah memasuki musim panen, bahkan para pedagang mengeluhkan turunnya harga komoditas tersebut dikarenakan saat ini masuk masa produksi.

Menurutnya hal itu bukan karena kekurangan, tapi karena distribusi yang terlambat selama satu atau dua hari. 

Menurut Bayu, letusan Gunung Kelud tidak menyebabkan tradisional berhenti beroperasi. Kata dia, sampai saat ini pihaknya tidak mendapatkan laporan adanya pasar tradisional yang tidak beroperasi karena meletusnya Gunung Kelud. 

Kata Bayu memang benar ada beberapa pasar yang mengalami kerusakan, namun masyarakat dan pemerintah daerah langsung membenahinya sehingga masih bisa beroperasi. (ant/rr/mas)

Berita Selanjutnya:
AP II Perluas Bandara Soetta

JAKARTA - Erupsi Gunung Kelud yang berada di tiga wilayah kabupaten di Jatim membuat pasokan cabai terganggu. Sebab, Jawa Timur adalah salah sentra


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News