PDIP Dorong Pembentukan Panja Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran

PDIP Dorong Pembentukan Panja Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran
Politikus PDIP yang juga anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto menegaskan partainya mendorong penyaluran bansos tepat sasaran.

Oleh karena itu, menurut Darmadi, perlu mekanisme pengawasan yang kuat dari legislatif.

“Segera membentuk Panja Penyaluran Bansos. Panja ini diperlukan dalam rangka fungsi pengawasan DPR. Jadi, penyaluran bansos ke depannya perlu dibarengi dengan sistem pengawasan yang ketat. Jangan sampai program itu hanya dijadikan alat untuk kepentingan politik tertentu,” ujar Darmadi Durianti dalam keterangan tertulis, Rabu (3/1/2024).

Darmadi menyampaikan hal tersebut, Rabu (3/1/2024), menanggapi efektivitas penyaluran bansos kepada masyarakat bawah.

Anggota Komisi VI DPR RI itu juga berencana menginisiasi pembentukan panja di DPR sebagai wujud tanggung jawab kepada rakyat.

“Bansos kan menggunakan uang rakyat. Maka sudah menjadi tanggung jawab kami selaku wakil rakyat untuk memastikan bahwa program tersebut benar-benar tepat sasaran,” ujar Darmadi.

Oleh karena itu, menurut Darmaid, Komisi VI DPR berencana membentuk panja segera mungkin agar penyaluran bansos dapat efektif," ungkap Bendahara Megawati Institute itu.

Darmadi berharap melalui instrumen panja maka mekanisme penyaluran Bansos yang dilakukan oleh 3 perusahaan yang ditunjuk Bulog untuk mendistribusikan kepada 22 juta Penerima Bantuan Pangan (PBP) di seluruh Indonesia, yaitu PT Pos Indonesia (BUMN) sebanyak 49 persen, PT JPL (Anak Usaha Bulog) sebanyak 10 persen, dan PT Yasa Artha Manunggal sebanyak 41 persen (Swasta) bisa lebih mudah dikontrol.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto menegaskan partainya mendorong penyaluran bansos agar tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News