Minggu, 21 Juli 2019 – 15:38 WIB

PDIP Ingatkan Perjuangan Bung Karno di Hari Lahirnya

Kamis, 06 Juni 2019 – 23:42 WIB
PDIP Ingatkan Perjuangan Bung Karno di Hari Lahirnya - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan mengungkap kembali semangat juang Proklamator RI Soekarno di hari ke-118 kelahirannya yang jatuh pada 6 Juni 1901.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan ajaran Bung Karno bermuara pada pembebasan umat manusia dari berbagai belenggu penjajahan atas kemanusiaan.

"Cita-cita Bung Karno selalu relevan, karena berangkat dari kesadaran yang paling dalam untuk menjadikan politik sebagai alat pembebas bagi umat manusia agar merdeka dari berbagai belenggu penjajahan. Dengan demikian intisari dari keseluruhan pemikiran Bung Karno adalah pada perjuangan kemanusiaan itu sendiri," kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Kamis (6/6).

BACA JUGA : Rizal Ramli Berharap Jokowi Legawa Lepas Jabatan Seperti Bung Karno dan Gus Dur

Hasto melanjutkan, karena hal itulah, Putra Sang Fajar abadi dalam gagasan sehingga perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia.

Kesadaran Bung Karno menjadikan Indonesia sebagai bangsa pelopor guna memerjuangkan suatu tatanan dunia baru berdasarkan pada Pancasila dengan intisari nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan pada ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah, dan keadilan sosial.

"Selain itu disertai dengan upaya kongkret memelopori Konferensi Asia Afrika yang melahirkan Gerakan Non-Blok, menjadi bukti bagaimana gagasan Bung Karno tersebut diterima luas dan menginspirasi banyak bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin untuk merdeka," jelas dia.

BACA JUGA : Inilah Organisasi Pertama yang Diikuti Bung Karno

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar