PDIP Minta KPU Jamin Seluruh Pemilih Masuk DPT Pilkada

PDIP Minta KPU Jamin Seluruh Pemilih Masuk DPT Pilkada
Hasto Kristiyanto. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah diminta mendukung penuh kemandirian Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pelaksana pemilu, termasuk pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dukungan pemerintah dapat diberikan lewat pemenuhan sarana dan prasarana sebagaimana diatur di peraturan perundang-undangan, dan tetap menjaga penyelenggara bisa independen.

“Kami mendukung seluruh penyelengggara ditempatkan di satu gedung sendiri, sehingga betul-betul mandiri, tidak tergantung fasilitas pemerintah setempat. Karena sering di lapangan muncul persoalan independensi, kantor yang dipakai merupakan fasilitas yang diberi Pemerintah Daerah,” ujar Hasto usai bertemu Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Gedung KPU, Selasa (12/5).

Selain mendukung kemandirian KPU, PDIP menurut Hasto secara khusus meminta penyelenggara pemilu benar-benar menjamin hak konstitusi warga negara, untuk dapat memilih dalam pelaksanaan pilkada.

“KPU harus dapat menjamin seluruh warga negara yang memiliki hak untuk memilih, terdata dan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Hal ini yang dapat kami suarakan di masa persiapan ini, hak politik warga negara tidak terabaikan,” ujar Hasto.

Pada pertemuan juga membicarakan hal-hal fundamental terkait kematangan demokrasi di Indonesia. Hasto mengatakan, kualitas demokrasi akan sangat ditentukan peran KPU dan Bawaslu di seluruh Indonesia.

Karena itu partai pendukung utama Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla ini siap memberi dukungan, sehinggga kendala-kendala yang dihadapi KPU dalam mempersiapkan pilkada serentak tahap pertama yang akan berlangsung di 269 daerah, dapat diatasi.(gir/jpnn)

 


JAKARTA – Pemerintah diminta mendukung penuh kemandirian Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pelaksana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News