PDIP Pecat Anggotanya yang Gabung Nasdem

PDIP Pecat Anggotanya yang Gabung Nasdem
PDIP Pecat Anggotanya yang Gabung Nasdem
JAKARTA - Wakil Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani menegaskan para kader partai PDI-P yang saat ini bergabung dengan Nasional Demokrat (Nasdem) segera dipecat. "Keputusan pemecatan tersebut merupakan implementasi dari hasil Kongres II PDI-P di Bali yang menegaskan bahwa pengurus partai dari pusat sampai daerah dilarang masuk ke salah satu organisasi masyarakat yang berafiliasi ke partai politik," kata Puan Maharani di gedung DPR, Nusantara I, Senayan Jakarta, Jumat (30/7).

Sungguhpun demikian, sebelum pemecatan dilakukan partai secara khusus akan memanggil para kadernya untuk dimintai keterangan secara langsung dan diberikan kebebasan untuk untuk menentukan pilihannya. "Silakan pilih mau ke Nasdem atau tetap dengan partai. Kalau dipilih Nasdem atau dua-duanya maka PDI-P pasti mengeluarkan surat pemecatan," tegasnya.

Sebagai partai terbuka, lanjut Puan, PDI-P tidak akan pernah memaksakan kehendak agar seseorang harus tetap menjadi kader partai. Pilihan itu ada di tangan kader. Jika hari ini mereka berwarna merah, kemudian besok berwarna kuning, hijau, biru dan sebagainya, itu bebas saja.

Sikap yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto. Menurut dia, sebagai partai terbuka memang tidak ada paksa-paksaan dalam menentukan pilihan berpolitik. "Contoh kongrit untuk ini adalah soal Gamawan Fauzi yang dalam Pilkada Gubernur Sumatera Barat diusung PDI-P. Namun dalam fase berikutnya, Gamawan Fauzi bergabung dengan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mendapat posisi di kabinet sebagai Menteri Dalam Negeri," ujarnya.

JAKARTA - Wakil Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani menegaskan para kader partai PDI-P yang saat ini bergabung dengan Nasional Demokrat (Nasdem) segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News