PDIP Siapkan Klinik DPT

PDIP Siapkan Klinik DPT
PDIP Siapkan Klinik DPT

jpnn.com - JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menyiapkan klinik daftar pemilih tetap (DPT). Menurut Wakil Sekretaris Jenderal  (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristianto, klinik DPT merupakan sistem yang akan membuktikan bermasalah atau tidaknya data pemilih versi KPU.

“Nanti akan ada proses simulasi yang dilakukan melalui program literasi yang cukup kompleks. Ini untuk mengetahui adanya NIK bermasalah, pemilih ganda, pemilih di bawah umur dan sebagainya,” ujar Hasto di Jakarta, Kamis (7/11).

Hasto menambahkan bahwa untuk membuktikan efektifitas sistem klinik DPT itu maka PDIP akan menantang KPU agar bersedia menyerahkan peranti lunak (software) yang selama ini digunakan dalam proses pemutakhiran data pemilih. Nantinya di depan KPU dan ahli-ahli informasi teknologi (IT), lanjut Hasto, PDIP akan membuktikan dugaan adanya data pemilih yang bermasalah.

“Kalau memang KPU fair dalam persoalan ini, mereka menyerahkan software ke kami. Nanti akan kita uji bersama-sama. Saya kira ini langkah yang paling fair untuk menguji apakah DPT yang telah disahkan tersebut betul-betul sah atau tidak,” katanya.

Hasto menegaskan, partainya tetap menganggap penetapan yang dilakukan KPU di Jakarta, Senin (4/11) lalu cacat hukum. Alasannya, DPT tidak ditetapkan sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif.

“Kami dari PDIP tetap menyatakan penetapan DPT kemarin bukan DPT lagi namanya. Tapi DPT bermasalah,dan itu merupakan pelanggaran undang-undang,” katanya.(gir/jpnn)

 


JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menyiapkan klinik daftar pemilih tetap (DPT). Menurut Wakil Sekretaris Jenderal 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News