Pelajar Ikut-ikutan Demo, Anies Siapkan Jurus Ini untuk Guru

Pelajar Ikut-ikutan Demo, Anies Siapkan Jurus Ini untuk Guru
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana usai melakukan dialog di lantai dua Gedung Promoter Polda Metro Jaya. Foto: Fransikus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah menyiapkan bahan untuk para guru di DKI Jakarta sebagai bahan berdiskusi kepada pelajar di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Anies saat melakukan dialog dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan perwakilan Kepala Sekolah se-Jabodetabek dalam rangka menyikapi perkembangan situasi kamtibmas dewasa ini di Polda Metro Jaya.

"Dalam kesempatan tadi, dialog dengan para Kepala Sekolah, kami sampaikan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan menyiapkan bahan untuk para guru agar bisa memanfaatkan apa yang menjadi diskusi, percakapan di masyarakat sebagai bahan ajar untuk anak-anak," ungkap Anies kepada wartawan, Senin (26/10).

Menurutnya, dengan begitu para pelajar diarahkan untuk bisa membahas, berdiskusi, dan mengkaji bersama tentang apa saja yang menjadi percakapkan hangat di kalangan masyarakat.

Diharapkan, situasi yang sedang hangat dibicarakan itu bisa merangsang para pelajar untuk peduli pada masalah-masalah yang ada di hadapan bangsa ini.

"Kalau hanya menganjurkan, maka guru-guru mungkin akan repot karena guru-guru perlu pedomannya. Karena itu, Dinas Pendidikan sudah menyiapkan yang biasa disebut RPP. RPP itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk SMP, SMA, dan SMK," katanya.

Dengan adanya RPP tersebut, kata dia diharapkan para guru memiliki pedoman dalam pembelajarannya.

Misalnya, untuk SMP dengan 4 kali pertemuan bakal ada pedoman materinya, tujuan pembelajarannya, alat belajarnya, sumber belajarnya, dan cara penilaiannya juga.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengaku telah menyiapkan bahan untuk para guru sebagai bahan berdiskusi dengan pelajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News