Pelantikan Sultan Dibayangi Gugatan

Paku Alam Terbelah, Wagub Jogja Disoal

Pelantikan Sultan Dibayangi Gugatan
Pelantikan Sultan Dibayangi Gugatan
JOGJAKARTA - Hari ini menjadi momen istimewa bagi masyarakat Daerah Istimewa Jogjakarta. Ya, setelah lama dinanti, hari ini Sri Sultan Hamengku Buwono X dijadwalkan dilantik menjadi gubernur Jogja menyusul pengesahan Undang-Undang No 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIJ akhir Agustus lalu.

 

Pelantikan dilakukan di istana kepresidenan Jogja (Gedung Agung) dan dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain Sultan HB X, juga dilantik Sri Paduka Paku Alam IX sebagai wakil gubernur (Wagub).

 

Awalnya, pelantikan bakal digelar di Siti Hinggil Keraton Jogjakarta. Namun, lokasi pelantikan itu kemudian dipindah ke Gedung Agung setelah dilakukan koordinasi antara pemprov setempat, pihak keamanan, dan pemerintah pusat.

 

Perubahan tempat tersebut membuat akses masyarakat untuk menyaksikan pelantikan terbatas. Sebab, hanya undangan yang bisa masuk ke Gedung Agung. Lokasi di sekitarnya juga akan disterilkan karena menjadi area ring 1 kehadiran presiden. "Sebenarnya, masyarakat Jogja ingin bisa menyaksikan pelantikan tersebut," tutur anggota Sekber Keistimewaan Jogjakarta Julius Felicianus.

JOGJAKARTA - Hari ini menjadi momen istimewa bagi masyarakat Daerah Istimewa Jogjakarta. Ya, setelah lama dinanti, hari ini Sri Sultan Hamengku Buwono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News