Peluang Besar Sandiaga Jadi Pendamping Airlangga, Begini Syaratnya

Peluang Besar Sandiaga Jadi Pendamping Airlangga, Begini Syaratnya
Ilustrasi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kader Partai Gerindra Sandiaga Uno dinilai memiliki peluang untuk berpasangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato dalam persaingan Pemilihan Presiden 2024.

Alasannya, Sandi adalah salah satu sosok favorit dalam pilpres.

"Sandi berpeluang pasangan dengan Airlangga. Soal capres dan cawapresnya siapa, biasanya soal negoisasi politik," kata pengamat politik Adi Prayitno, Jumat (14/10).

Prayitno mengatakan Sandi juga salah satu tokoh yang mempunyai eletabilitas tinggi. Hal ini juga menjadi nilai tambah untuk berpasangan dengan Airlangga.

Saat ditanya peluang keduanya berpasangan mengingat Gerindra sudah menyuarakan Prabowo sebagai capres, Prayitno menegaskan keputusan itu ada di tangan Sandi.

"Tergantung Sandi (mau keluar dari Gerindra atau tidak). Gerindra juga belum ada keputusan resmi capres 2024, Hanya kader yang ingin prabowo tetap maju, tapi prabowo belum merespons siap maju atau tidak," katanya.

Terkait status Sandiaga Uno yang berasal dari etnis luar Jawa, tepatnya keturunan Bugis, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Prayitno mengakui komposisi geografi jawa non jawa masih populer dalam langgam politik Indonesia. Hal itu menjadi bagian politik representasi politik tanah air yang tak pernah hilang.

Meski dalam prakteknya, jawa dan non jawa dalam beberapa pilpres tidak relevan. Misalnya periode kedua SBY dan Jokowi dimana wakilnya juga berasal dari suku Jawa.

Kader Partai Gerindra Sandiaga Uno dinilai memiliki peluang untuk berpasangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News