Pembatasan BBM Berpotensi Mundur

Pembatasan BBM Berpotensi Mundur
Pembatasan BBM Berpotensi Mundur
JAKARTA - Memanasnya polemik rencana pembatasan konsumsi BBM subsidi rupanya membuat pemerintah gamang. Karena itu, rencana pembatasan yang semula ditetapkan 1 April 2012 berpotensi mundur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, setelah mengevaluasi masukan dari berbagai pihak, pemerintah kini menggodok kembali berbagai opsi. Mulai pembatasan konsumsi BBM yang selama ini direncanakan hingga kenaikan harga BBM sebagaimana usul banyak pihak.

"Memang dijadwalkan 1 April. Tapi kan belum final, masih dibahas (pembatasan atau kenaikan harga). Jadi, karena menyangkut kepentingan rakyat, pemerintah tidak akan memaksakan, tidak harus 1 April," jelasnya saat paparan Kinerja 100 Hari Jero Wacik di Kementerian ESDM kemarin (26/1).

Menurut Jero, opsi yang berkembang saat ini memang terbatas. Opsi awal berupa pembatasan konsumsi BBM subsidi, ternyata banyak ditentang karena membuat pemilik mobil pribadi harus membeli BBM nonsubsidi yang harganya hampir dua kali lipat. Opsi lain yang berkembang dan diusulkan banyak pihak, baik dari DPR maupun pengusaha, yakni kenaikan harga Rp 500 atau Rp 1.000 per liter. Namun, usul itu terbentur ketentuan dalam APBN 2012 yang sudah menutup opsi kenaikan harga BBM.

JAKARTA - Memanasnya polemik rencana pembatasan konsumsi BBM subsidi rupanya membuat pemerintah gamang. Karena itu, rencana pembatasan yang semula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News