Pemberontak Culun Hongkong Dirikan Parpol Baru

Pemberontak Culun Hongkong Dirikan Parpol Baru
Joshua Wong. Foto: AFP

jpnn.com - HONGKONG – Joshua Wong kini bisa lebih maksimal untuk menyalurkan semua asprasi demokrasinya. Bersama aktivis Hongkong lainnya, remaja 19 tahun itu resmi membentu partai politik baru bernama Demosisto.

“Demosisto akan menuntut kejelasan nasib (politik) Hongkong. Itu hal terpenting dalam partai kami,” terang Wong, Kamis (7/4) kemarin.

Resminya, menurut mahasiswa berkacamata tersebut, Demosisto baru beroperasi mulai Minggu (10/4). Maka, dia pun menetapkan hari lahir Demosisto pada 10 April. Tapi, mulai kemarin, dia memperkenalkan parpol baru tersebut kepada media.

“Jika kita tidak memperjuangkan kepentingan politik kita sendiri, Partai Komunis Tiongkok-lah yang akan menentukannya. Juga, menetapkan masa depan kita,” papar remaja yang disebut-sebut sebagai pemberontak culun itu.

Kata demosisto sendiri berasal dari gabungan dua bahasa. Yakni, Yunani dan Latin. Kata demo yang berasal dari bahasa Yunani berarti rakyat. Kata sisto yang merupakan bahasa Latin memiliki arti berjuang.

Wong optimistis Demosisto bakal menuai banyak dukungan. Apalagi, belakangan, sikap politik generasi muda Hongkong menjadi lebih jelas. Terutama setelah Umbrella Movement dimotori Scholarism, gerakan mahasiswa prodemokrasi yang dipimpin Wong.

“Kami ingin setiap orang bisa memberikan suaranya sendiri-sendiri dan menentukan masa depan Hongkong pasca-2047,” ungkapnya. (CNN/hep/c17/ami)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News