Pemda Diminta Serius Kembangkan Minapolitan

Pemda Diminta Serius Kembangkan Minapolitan
Pemda Diminta Serius Kembangkan Minapolitan
JAKARTA--Pemerintah daerah (pemda) diminta untuk serius mendukung upaya pemerintah melakukan percepatan pengembangan kawasan minapolitan. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan, tanpa komitmen kuat dari kepala daerah, kawasan minapolitan tidak akan berkembang.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menetapkan 41 Kawasan Minapolitan percontohan, salah satunya di Gorontalo. Program ini akan berkembang bila ada komitmen yang kuat dari daerah terhadap pengembangan usaha perikanan," ujar Fadel, Rabu (13/4).

Kawasan minapolitan, jelas mantan gubernur Gorontalo ini, disiapkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan produksi perikanan. Program minapolitan digulirkan sebagai akselerator bagi pembangunan kelautan dan perikanan berbasis kawasan yang mampu membangkitkan multiplier effect perekonomian daerah.

"Pengelolaan sumber daya ikan  merupakan hal yang penting, mengingat di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia menunjukkan tren semakin menurun. Kondisi pemanfaatan sumber daya ikan di perairan laut Indonesia secara umum mengalami overfishing yang mengarah pada penurunan cadangan ikan secara gradual," bebernya.

JAKARTA--Pemerintah daerah (pemda) diminta untuk serius mendukung upaya pemerintah melakukan percepatan pengembangan kawasan minapolitan. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News