Pemda Manipulasi Data PNS untuk Raup DAU

Pemda Manipulasi Data PNS untuk Raup DAU
Pemda Manipulasi Data PNS untuk Raup DAU
JAKARTA--Pemerintah ditantang untuk menyelesaikan data fiktif jumlah PNS di daerah. Ada dugaan kuat, pemda sering memanipulasi dengan cara membengkakkan jumlah PNS, dengan tujuan agar mendapat Dana Alokasi Umum (DAU) lebih besar. Pasalnya, perhitungan kucuran dana DAU berdasarkan jumlah PNS yang ada di daerah.

"Saya sudah paham betul dengan karakter pejabat di daerah. PNS hanya dijadikan alat untuk mendapatkan DAU yang besar," kata Alex Litaay di Gedung Senayan, Selasa (4/10).

Caranya, lanjut Alex, data PNS yang diajukan ke pusat sengaja dimanipulasi alias difiktifkan. Misalnya, jumlah PNS di instansi A hanya 100, tapi dimark up menjadi 150. "Yang 50 itu PNS fiktif. Memang datanya lengkap, tapi orangnya tidak ada. Praktek ini telah berlangsung lama, apalagi pusat tidak meneliti lagi data-data yang disodorkan daerah," ujarnya.

Politisi asal Maluku ini juga terang-terangan mengaku tidak percaya dengan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP). Keberadaan BPKP yang melakukan pengawasan dan audit terhadap pemda dinilai hanya formalitas saja.

JAKARTA--Pemerintah ditantang untuk menyelesaikan data fiktif jumlah PNS di daerah. Ada dugaan kuat, pemda sering memanipulasi dengan cara membengkakkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News