Pemerasan Terhadap TKI Masih Marak

Pemerasan Terhadap TKI Masih Marak
Pemerasan Terhadap TKI Masih Marak
JAKARTA — Pengamat  Perburuhan dari Universitas Indonesia (UI) Aloysius Uwiyono  menilai sebaiknya dalam proses pra penempatan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan jaminan tidak akan ada pemerasan dan penipuan.

Menurutnya, hal ini kerap kali terjadi dan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, terutama di bandara. Dengan kondisi demikian, kata Uwiyono, diperlukan lembaga khusus yang mengurusi TKI pada masa pra dan purna penempatan. 

Dia juga menilai, sebaiknya ada ketentuan mengenai larangan terhadap pegawai atau pejabat pemerintahan yang "bermain" di dalam proses penempatan TKI ke luar negeri. Selama ini, disinyalir ada oknum pejabat yang berbisnis asuransi TKI.

“Diakui, hal ini memang tidak memberikan dampak secara langsung bagi proses penempatan TKI. Tapi keberadaan mereka itulah yang dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dalam prose pengiriman TKI,” katanya di Jakarta, Kamis (9/12).

JAKARTA — Pengamat  Perburuhan dari Universitas Indonesia (UI) Aloysius Uwiyono  menilai sebaiknya dalam proses pra penempatan bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News