Pemerintah AS Terancam Tutup

Anggaran 2012 Deadlock, 800 Ribu Pegawai Negeri Dirumahkan

Pemerintah AS Terancam Tutup
Pemerintah AS Terancam Tutup
WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) terancam shutdown alias tutup terhitung mulai siang ini pukul 12.00 WIB. Tak akan ada layanan bagi publik kecuali di sektor kepolisian, pemadam kebakaran, angkatan bersenjata, manajemen lalu lintas udara, dan penjara.

Pasien-pasien di rumah sakit bakal terlantar, limbah racun tak akan terangkut, dan serdadu bakal berperang tanpa bayaran. Sekitar 800 ribu dari total 2 juta pegawai negeri alias pegawai pemerintah federal juga harus dirumahkan untuk sementara.

Itu semua gara-gara masih deadlock-nya pembahasan anggaran untuk tahun fiskal 2011. Padahal, tenggat pembahasannya adalah Jumat tengah malam waktu Washington (Sabtu tengah hari WIB). Kalau deadline terlewati, otomatis pemerintahan Barack Obama tak akan punya uang untuk menjalankan pemerintahan-termasuk tentunya untuk menggaji para pegawai negeri-hingga akhir tahun ini.

Deadlock itu terjadi karena kubu Republik yang mayoritas di DPR dan Demokrat yang menguasai Senat masih belum satu kata terkait sejumlah isu. Proses pembahasan bujet di Negeri Paman Sam itu memang harus melewati kedua lembaga legislatif, rendah (DPR) dan tinggi (Senat).

WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) terancam shutdown alias tutup terhitung mulai siang ini pukul 12.00 WIB. Tak akan ada layanan bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News