Pemerintah dan Oposisi Harus Sama Kuat

Pemerintah dan Oposisi Harus Sama Kuat
Pemerintah dan Oposisi Harus Sama Kuat
JAKARTA - Anggota Dewan Kehormatan Partai Golkar, Siswono Yudohusodo menegaskan keberhasilan  demokrasi di banyak negara ditentukan oleh pemerintahan yang kuat dan oposisi yang kuat pula.

 

"Kuat dalam pengertian memiliki gagasan yang unggul dan original, kemampuan  mengelola negara yang andal serta moral dan etika yang baik," kata Siswono Yudohusodo, dalam dialog tentang penguatan NKRI, di Gedung Lemhanas Jakarta, Jumat (8/5).

 

Menurut Siswono, dari berbagai literatur dan pengalaman, disebutkan bahwa tugas pemerintah adalah "to show the way" menunjukkan jalan bagi perkembangan negara. Barangkali prinsip inilah yang ditanamkan oleh Deng Xiao Ping dimasa lalu hingga China berkembang menjadi salah satu negara yang disegani dunia.

 

Pengalaman serupa juga dialami oleh Afrika Selatan. "Betapa besar manfaat bagi kemajuan Afrika Selatan hari ini dari arah yang ditunjukkan Nelson Mandela di masa lalu. Dan betapa merosotnya Zimbabwe sekarang dengan arah yang ditunjukkan Mugabe di masa lalu," imbuh Siswono.

 

JAKARTA - Anggota Dewan Kehormatan Partai Golkar, Siswono Yudohusodo menegaskan keberhasilan  demokrasi di banyak negara ditentukan oleh pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News