Pemerintah 'Dukung' Setnov Pimpin Golkar? Menarik

Pemerintah 'Dukung' Setnov Pimpin Golkar? Menarik
Setya Novanto. Foto: Maria Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Idil Akbar menyatakan pemerintah hanya ingin memastikan Golkar mendukung penuh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Dalam proses munaslub Golkar ini, muncul isu caketum yang didukung pemerintah adalah Setya Novanto (Setnov). Ini menurut saya cukup menarik. Kenapa Setnov? Mungkin karena dengan Setnov, komunikasi pemerintah dengan Golkar tidak terlalu sulit," kata Idil, Senin (9/5).

Selain itu lanjutnya, yang juga mungkin jadi pertimbangan adalah bahwa Golkar dengan Setnov, bakal cenderung menjadi partai strategis yang diposisikan sebagai penyeimbang di dalam pemerintahan. "Setahu saya, di antara semua calon, baru Setnov yang secara tegas akan mendukung pemerintah Jokowi-JK," ujarnya.

Kamus 'tidak terlalu sulit' bila berurusan dengan Setnov, menurut Idil, muncul karena kecenderungan selama ini pemerintah terkesan melindungi Setnov.

"Saya kira transaksi kasus dengan perlindungan dari pemerintah itulah yang menyebabkan isu pemerintah lebih suka mendukung Setnov, muncul di tengah publik," pungkas Idil. (fas/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News