Pemerintah Janji Buka Rekrutmen Guru CPNS, Kapan sih?

Pemerintah Janji Buka Rekrutmen Guru CPNS, Kapan sih?
Guru-guru honorer berserdik. Foto dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua umum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat mempertanyakan janji pemerintah membuka rekrutmen guru CPNS.

Janji tersebut disampaikan pemerintah setelah menuai protes dari berbagai kalangan karena berencana menghentikan rekrutmen guru CPNS.

"Tujuan rekrutmen satu juta guru PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) memang untuk menyelesaikan masalah guru honorer, pemerataan guru, dan memenuhi kebutuhan guru. Kami apresiasi itu," kata Rizki kepada JPNN.com, Sabtu (9/1). 

Namun, lanjutnya, para guru honorer tanpa batasan usia diarahkan untuk berebut kursi PPPK. 

Mestinya hanya guru-guru honorer yang sudah lama mengabdi yang bisa ikut tes PPPK, tanpa bersaing dengan fresh graduate.

Sedangkan guru muda dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) ikut tes CPNS.

"Mestinya pemerintah membuka juga formasi guru CPNS agar lulusan PPG maupun Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) bisa ikut. Bukan malah semuanya ke PPPK," terangnya.

Begitu jadi polemik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Negara memberikan klarifikasi rekrutmen guru CPNS akan tetap ada.

Pemerintah harus memperjelas kapan rekrutmen guru CPNS digelar, jangan hanya menyampaikan janji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News