Pemerintah Klaim Ekonomi Sehat

Pemerintah Klaim Ekonomi Sehat
Pemerintah Klaim Ekonomi Sehat
JAKARTA- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengklaim pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I (Q1) 2011 termasuk jajaran paling tinggi di dunia. Tingginya pertumbuhan itu sebagai dampak positif dari pemulihan ekonomi dunia.

Dikatakan Agus, secara global pertumbuhan PDB AS tumbuh 2,3 persen, Inggris 1,8 persen dan rata-rata negara di Asia juga mengalami perlambatan yang sama. "Indonesia justru tumbuh 6,5 persen. Vietnam 6,4 persen, Singapura 8,5 persen, China 9,7 persen dan Korsel 4,2 persen. Jadi kita masih sangat bagus," kata Agus.

Realisasi pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen itu, kata Agus, didukung oleh meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat dan ekspor. Namun investasi disebut mengalami sedikit perlambatan, meski tidak mempengaruhi secara umum perekonomian nasional.

Pertumbuhan Q1 yang baik ini kata Agus, yang paling mencolok disumbang dari sektor pertanian. Hal ini terkait dengan musim panen raya pada Maret-April. Sumbangannya pada ekonomi nasional mencapai 3,4 persen. Sektor tertinggi penyumbang pertumbuhan ekonomi, masih dipegang transportasi dan komunikasi sebesar 13,8 persen.

JAKARTA- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengklaim pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I (Q1) 2011 termasuk jajaran paling tinggi di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News