Pemerintah Meksiko Amankan 134 Ton Ganja

Tangkapan Terbesar sepanjang Sejarah

Pemerintah Meksiko Amankan 134 Ton Ganja
Pemerintah Meksiko Amankan 134 Ton Ganja
TIJUANA - Dugaan pemerintah Meksiko bahwa berat tangkapan kakap mereka Selasa lalu (19/10) lebih dari 105 ton terbukti benar. Setelah menghitung ulang, pemerintahan Presiden Felipe Calderon mengumumkan bahwa berat ganja kering siap kirim itu mencapai 134 ton. Sekitar 29 ton lebih berat daripada estimasi awal.

"Ini merupakan tangkapan ganja terbesar sepanjang sejarah negeri ini," ujar Alejandro Poire, juru bicara keamanan pemerintah, seperti dikutip BBC kemarin (20/10). Dia menduga, ganja yang sudah dikemas rapi itu milik Kartel Sinaloa. Kartel narkoba yang dipimpin Joaquin Guzman alias El Chapo (si Pendek) tersebut belakangan memang sedang mengalihkan fokus komoditas bisnis pada ganja dan heroin. Bukan lagi kokain.

Kemarin Poire juga merevisi jumlah kardus yang digunakan untuk mengemas daun ganja kering tersebut. "Ganja-ganja itu dikemas dalam 15.000 kardus, bukan 10.000 seperti yang dilaporkan sebelumnya," ujar dia. Sebanyak 15.000 kardus tersebut ditemukan di tiga lokasi berbeda di Kota Tijuana yang berbatasan langsung dengan Kota San Diego, Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS).

Karena letaknya yang berada di perbatasan Meksiko-AS, Poire yakin bahwa ganja-ganja itu akan dikirim ke Negeri Paman Sam. Selama ini Kartel Sinaloa memang menjadi pemasok utama kebutuhan narkoba di AS. Berdasar data Kejaksaan Agung, selama 1990"2008, salah satu di antara empat kartel narkoba Meksiko tersebut sukses mengirimkan 200 ton kokain dan sejumlah besar heroin.

TIJUANA - Dugaan pemerintah Meksiko bahwa berat tangkapan kakap mereka Selasa lalu (19/10) lebih dari 105 ton terbukti benar. Setelah menghitung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News