Sarkozy Perintahkan Bubarkan Demo

Aksi Potres Prancis Kembali Bentrok

Sarkozy Perintahkan Bubarkan Demo
Sarkozy Perintahkan Bubarkan Demo
PARIS - Protes berkepanjangan yang menentang reformasi usia pensiun di Prancis membuat Presiden Nicolas Sarkozy gerah. Kemarin (20/10) pemimpin 55 tahun itu dengan tegas memerintah aparat keamanan membubarkan blokade stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Lagi-lagi para demonstran bentrok dengan aparat.

   

"Jika tidak segera dihentikan, kekacauan ini akan membuat negeri ini lumpuh karena aktivitas kerja dan perekonomian terganggu," tandas Sarkozy dalam pernyataan tertulisnya seperti dilansir Agence France-Presse. Kemarin suami Carla Bruni itu memerintah seluruh aparat keamanan menyudahi aksi protes di SPBU-SPBU dengan cara apa pun. Dia juga bersumpah tidak akan mundur selangkah pun dari reformasi usia pensiun yang digagasnya itu meski ditentang publik. 

   

Sejak Selasa malam (19/10) sampai kemarin sudah tiga SPBU yang kembali buka dan melayani pembeli. "Atas perintah presiden (Sarkozy), tiga SPBU beroperasi normal. Kami segera membuka kembali SPBU-SPBU yang lain," terang Menteri Dalam Negeri Brice Hortefeux kemarin. Tapi, tak mau kalah oleh pemerintah, para pengunjuk rasa yang dibubarkan dari salah satu SPBU ganti memblokade SPBU lain di dekatnya.

Dalam upaya membebaskan beberapa SPBU dari blokade massa, polisi menangkap sejumlah pemuda. Mereka lantas dibawa ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan. Mereka dijerat dengan undang-undang antianarki. "Kami tidak akan membiarkan mereka yang melanggar undang-undang bebas. Kami akan memberikan hukuman setimpal agar mereka tidak mengulangi perbuatannya," lanjut Hortefeux seperti dikutip Associated Press.

PARIS - Protes berkepanjangan yang menentang reformasi usia pensiun di Prancis membuat Presiden Nicolas Sarkozy gerah. Kemarin (20/10) pemimpin 55

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News