Enggan Bersorban, Obama Batal ke Kuil

Enggan Bersorban, Obama Batal ke Kuil
Enggan Bersorban, Obama Batal ke Kuil
WASHINGTON DC - Sempat diisukan memeluk Islam, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama lebih berhati-hati mencitrakan diri. Kemarin (20/10) Gedung Putih mengumumkan pembatalan rencana kunjungan pemimpin 49 tahun tersebut ke Kuil Emas di Negara Bagian Amritsar, India. Konon, dia enggan dipotret mengenakan sorban.

"Berdasar informasi terbaru dari Gedung Putih, beliau (Obama) tidak akan berkunjung ke Amritsar dalam lawatannya ke India awal bulan depan," terang seorang diplomat di Kota New Delhi yang tidak bersedia menyebutkan namanya, seperti dilansir Agence France-Presse. Menurut dia, selain masalah penutup kepala, ada beberapa kendala logistik lain yang membuat Obama batal mengunjungi Kuil Emas.

Sesuai adat yang berlaku di Negeri Taj Mahal itu, siapa pun yang berkunjung ke kuil paling suci kaum Sikh di India tersebut memang harus mengenakan sorban. Namun, aturan baku itulah yang membuat Gedung Putih merevisi jadwal kunjungan Obama. Penutup kepala khas kaum Sikh, seperti yang dikenakan Perdana Menteri (PM) Manmohan Singh tersebut, dikhawatirkan memantik kembali isu bahwa Obama muslim.

Meski demikian, panitia tetap mempersiapkan lawatan Obama ke Kuil Emas tersebut. Apalagi, tim inti panitia itu terdiri atas sejumlah diplomat AS di India. "Kami tetap mendukung dan memandu mereka (para diplomat AS) untuk persiapan. Tapi, keputusan berada di tangan mereka," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri India.

WASHINGTON DC - Sempat diisukan memeluk Islam, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama lebih berhati-hati mencitrakan diri. Kemarin (20/10) Gedung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News