Pemerintah tak Punya Kebijakan Jangka Panjang Tangkal Paham Radikal

Pemerintah tak Punya Kebijakan Jangka Panjang Tangkal Paham Radikal
Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta Ali Munhanif saat menjadi Pembicara pada diskusi Perspektif Indonesia dengan tema Mengapa Blokir Situs Online? di Jakarta, Sabtu (4/4). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta Ali Munhanif‎ menyatakan, pemerintah belum memiliki kebijakan jangka panjang ‎untuk menangkal agar generasi muda tidak terjebak dalam radikalisme. Ali mengaku menyesalkan hal itu.

"Dalam konteks penyebaran paham-paham radikal, respon kita terhadap fenomena ini sebenarnya fluktualif. Itu yang saya sesalkan dari berbagai kebijakan pemerintah yang seringkali tiba-tiba menjadi paranoid tentang suatu hal, tapi untuk jangka waktu yang cukup lama, dia diam," kata Ali dalam diskusi "Mengapa blokir situs online?" di Menteng, Jakarta, Sabtu (4/4).

Ali menyarankan, Badan Nasional ‎Penanggulangan Terorisme (BNPT) tidak perlu fokus pada kebijakan operasional terkait radikalisme. Sebab, hal itu tidak akan menghasilkan sesuatu yang produktif.

Menurut Ali, ‎penindakan sebaiknya diserah‎kan kepada polisi dan Densus 88. "‎BNPT ada baiknya punya semacam strategi yang terprogram, memberikan masukan, dan harus canggih," ucapnya.

Dengan begitu, Ali menambahkan, apabila ada program-program atau kampanye yang disampaikan di ruang publik untuk mengajarkan kekerasan bisa segera dihindari.

"Apabila ada ruang publik yang kira-kira disusupi oleh program-program atau kampanye kekerasan, mengajak kebencian dan seterusnya, itu bisa dengan cepat dihindari," tandasnya. (gil/jpnn)

 


JAKARTA - Direktur Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta Ali Munhanif‎ menyatakan, pemerintah belum memiliki kebijakan jangka panjang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News