Pemerintahan Obama Terpuruk ke Dalam Hutang

Jumlah Hutang AS Tembus USD 13 Triliun

Pemerintahan Obama Terpuruk ke Dalam Hutang
Presiden AS Barack Obama. Foto : The Independent
WASHINGTON- Banyak kalangan menganggap pemerintah Amerika Serikat (AS) adalah pemerintah yang kaya. Namun anggapan itu sepertinya perlu ditimbang-timbang lagi.

Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatat bahwa hutang pemerintah AS telah mencapai USD 13 triliun. Angka itu merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah AS, sekaligus membuat kehebohan politik tentang pengeluaran pemerintah AS selama ini.

Seperti dikutip dari AFP, di tengah pengeluaran besar pemerintah AS yang dirancang untuk mengakhiri krisis ekonomi, angka hutang malah mencapai rekor baru per 1 Juni lalu dengan jumlah total USD 13.050.826.460.886,97.

Jika dirupiahkan dengan asumsi USD 1 = Rp 9000, maka jumlah hutang pemerintah AS itu mencapai angka Rp 117.000 triliun, atau kurang lebih setara dengan 106 kali APBN Indonesia 2010. Hutang pemerintah AS itu telah berlipat ganda dalam 10 tahun terakhir dan saat ini jumlahnya hanya sedikit di bawah produk domestik bruto.

WASHINGTON- Banyak kalangan menganggap pemerintah Amerika Serikat (AS) adalah pemerintah yang kaya. Namun anggapan itu sepertinya perlu ditimbang-timbang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News