Pemilu Manual Rawan Kecurangan, Denny Tewu Minta Bawaslu Wajib Hadir di Setiap TPS

Pemilu Manual Rawan Kecurangan, Denny Tewu Minta Bawaslu Wajib Hadir di Setiap TPS
Caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Sulawesi utara (Sulut) Denny Tewu. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Sulawesi utara (Sulut) nomor urut satu Denny Tewu menilai kehadiran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sangat diperlukan.

Sebab, pengawas akan sangat menentukan kejujuran dan keadilan mengingat proses pemilu masih dilakukan secara manual dan belum sepenuhnya digital, sehingga dugaan partai-partai terdahulu bermain tidak fair sangat mungkin.

"Tanpa proses pengawasan yang baik, maka partai-partai senior yang telah siap dengan jaringan yang kuat hingga ke seluruh TPS, akan sangat mudah diduga untuk memanipulasikan suara hasil C-1 dengan mengutak-atik hasil pemilu di berbagai TPS yang minim saksi dari partai-partai peserta pemilu lainnya," ungkap Denny pada Selasa (6/2).

Denny juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar ikut terlihat mengawasi hasil pemilu dengan memotret hasil C-1 beserta hasil perhitungan di papan tulis.
"Lalu, di posting di medsos secara detail seperti data TPS , nama kelurahan/desa, Kecamatan, kota hingga provinsi," ujar Denny.

Dia pun berharap dengan UU ITE maka adanya bukti-bukti rekaman tersebut apakah foto maupun video dari masyarakat, dapat dijadikan bukti apabila terjadi kecurangan dalam berbagai bentuk termasuk mengutak-atik hasil pemilu dengan merubah C-1 dan seterusnya.

"Kami berharap semoga ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk mengawal Pemilu Jurdil dan bersih pada 2024 ini," ucapnya.

Sebelumnya ditempat terpisah, Menkominfo Budi Arie Setiadi berpendapat pihaknya akan berupaya meminimalisir terjadinya kecurangan pemilu mengingat teknologi digital yang makin canggih serta akses internet dan telekomunikasi yang sudah merata di Indonesia.

"Saya yakin dengan kemajuan teknologi ini semuanya serba cepat, serba transparan, mau curang dari mana, pasti langsung divideokan dan viral kalau ada intimidasi atau kecurangan," ungkap Budi Arie, dikutip dari siaran pers Kominfo, Senin (5/2).

Caleg DPR RI dari PSI Denny Tewu meminta Bawaslu hadir di setiap TPS saat pemilu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News