Pemimpin Harus Memberi Contoh, Seperti Gus Dur

Pemimpin Harus Memberi Contoh, Seperti Gus Dur
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menilai, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki modal luar biasa untuk maju, di tengah perkembangan demokrasi di Indonesia yang semakin terbuka dan transparan.

"Saya kira PKB memiliki modal untuk menjadi partai besar ke depan. PKB akan semakin maju dan meraih kursi lebih besar (dalam pemilihan legislatif, red)," ujar Luhut pada penyelenggaraan Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di DPP PKB, Jakarta, Minggu (26/3).

Menurut Luhut, jika PKB ke depan mampu menjadi tempat berlindung dan mampu memberi solusi terhadap permasalahan masyarakat, maka akan semakin dicintai masyarakat.

"‎PKB punya peran besar menjadi pilar persatuan. PKB jangan terperosok pada sentimen tertentu," ucap Luhut.

PKB kata Luhut, harus mampu memberi pengaruh seperti Gus Dur. Dengan demikian dapat memberi contoh yang baik. Karena pada hakikatnya, konsep kepemimpinan yang paling hakiki, memberi contoh.

"Saya (saat masih berdinas,red) di Kopassus selalu menjadi contoh. Karena konsep kepemimpinan sangat sederhana, yaitu menjadi contoh. Anak buah saya masih ingat dengan saya ketika bertemu saat lari di jalan," tuturnya.

Luhut ‎masih ingat, Gus Dur pernah diundang untuk berbicara di Harvard University. Ketika itu, beliau memberi ceramah, bahwa Islam penuh dengan kedamaian.

"Jadi Gus Dur merupakan sosok guru politik. Tidak perlu tampil, tapi memberi solusi. Anda semua beruntung menjadi penerus Gus Dur. Anda harus melindungi, katakan benar sesuatu yang benar," pungkas Luhut. (gir/jpnn)


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menilai, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki modal luar biasa untuk maju, di tengah


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News